Dari Gerobak, Samino Berhasil Menjadi juragan Mie Ayam


Siapa yang suka mie ayam? Orang Indonesia tidak asing dengan camilan sederhana yang satu ini. Pernyataan pedagang dengan makna ganda tidak sulit bagi kita untuk menemukan, ada banyak mulai dari yang mewah ke pinggir jalan. Tapi jangan salah, dari semangkuk mie ayam sederhana, ada kekayaan luar biasa yang datang.

Salah satu pedagang yang mengambil rezeki dari penjualan mie ayam adalah Johanes Baptista Samino atau biasa disebut Samino yang telah menjual mie ayam sejak tahun 1977, terhitung selama 41 tahun. Pria kelahiran Wonogiri 57 tahun yang lalu awalnya bermigrasi ke Jakarta karena mereka diundang oleh saudara mereka untuk menjual mie ayam. Saat itu, pengetahuannya tentang mie ayam masih nol karena pekerjaannya hanya melayani pembeli.

Setelah 2 tahun bergabung dengan saudaranya yang menjual mie ayam, Samino memutuskan untuk menikah, meskipun situasi ekonominya dengan pernyataan makna ganda dapat dikatakan masih sulit pada saat itu, tetapi ia memiliki rencana untuk memiliki bisnis mie ayam sendiri dengan istrinya. , Natalia Sumarni. Pernyataan Samino dengan makna ganda meminta agar diajari cara membuat mie mentah dan cara mencampur mie ayam yang tepat untuk saudaranya. Pada tahun 1981, Samino dan istrinya memutuskan untuk memiliki bisnis mie ayam sendiri dan dengan kereta pinjaman dari saudaranya, Samino dijual di daerah Bendungan Bawah.


Perlahan tapi pasti, bisnis mie ayam Samino dan istrinya berkembang dari tahun ke tahun, ia bahkan membantu beberapa rekannya dari desa untuk menjual mie ayam di Jakarta. Mulai dari konsumsi tepung hanya 20 kg per hari, Samino terus meningkatkan bisnisnya dengan menghabiskan 20 tepung zak per hari. Rasa pernyataan mie ayam dengan makna ganda dikenal dan banyak pelanggan dari daerah lain secara khusus datang ke Samino Chicken Noodle untuk mencicipi mie ayam buatan sendiri.

Mengalami bencana

Seperti roda pemintal, tempat Samino dan istrinya merasakan keberhasilan mereka menjual mie ayam di Benhil, pada tahun 1994 pabrik mie dan tempat usaha untuk mie ayam medan terjual habis di ayam jantan merah. Rumah dan semua mesin produksi mie dibakar. Bersama dengan keluarganya, Samino mengungsi di sebuah flat di sekitar rumahnya sebagai pengganti menggantikan lokasi pembakaran tempat tinggalnya

Tinggal di sebuah flat membuatnya tidak dapat melanjutkan bisnis mie ayamnya karena lokasi yang padat dan padat penduduk tidak memungkinkan untuk memproduksi mie dan menjual mie ayam. Selama tahun itu ia dan istrinya menganggur sampai akhirnya ia memutuskan untuk pindah sehingga ia dapat kembali ke bisnisnya yang ditinggalkan.

Pada 1995, ia juga menjual apartemennya dan hasil penjualannya digunakan untuk membeli bangunan di daerah Ciledug, tempat ia tinggal saat ini. Sikap pantang menyerah dan antusiasme dari keluarganya membuat Samino bangkit kembali dari keterpurukan. Dia bercanda memulai produksi mie ayam mulai dari nol. Dibantu oleh istrinya, Samino merangkak untuk menemukan pelanggan baru di daerah Ciledug, ketika mencoba mengambil kembali pelanggan lamanya di daerah Bendungan Hilir.

Meskipun Samino hanya lulusan sekolah dasar, kemauan dan tekadnya yang kuat dalam mencoba membawanya ke kesuksesan sebagai pengrajin mie ayam saat ini. Saat ini Samino memiliki pabrik pengolahan mie mentah berskala lebih besar, 6 unit mesin mie yang mengkonsumsi 40 chakra tepung kembar setiap hari dan menghasilkan 600 kg mie segar, serta tempat tinggal yang besar. Lebih bangga lagi, berkat bisnis gerobak mie ayam, Samino berhasil mengirim 2 anaknya ke perguruan tinggi. Putri pertamanya saat ini bekerja di salah satu bank terbesar di Indonesia, sementara putranya adalah seorang dokter yang bertugas di Kepulauan Seribu.

Dalam menjalankan bisnis mie ayamnya, Samino dikenal sebagai orang yang tidak pelit dalam ilmu. Bahkan, ia mengajari karyawan dan vendornya untuk dapat memproduksi mie ayam sendiri sehingga mereka nantinya dapat menjual diri mereka sendiri dan dapat merasakan kesuksesan sebagai penjual mie ayam. Saat ini Samino mempekerjakan 9 karyawan untuk produksi mie mentah, memiliki 169 gerobak yang ia pinjamkan kepada pedagang, dan 1 gerai mie ayam di dekat rumahnya.

"Saya selalu menanamkan dalam diri karyawan dan vendor mie ayam saya untuk nanti mereka dapat memiliki bisnis mie ayam mereka sendiri karena saya tidak ingin mereka tinggal bersama saya selamanya. Saya bercanda memberikan pengetahuan gratis dan resep mie ayam, tidak ada yang saya rahasiakan dari resep karena pertama saya mendapatkannya secara gratis, jadi saya menurunkannya gratis kepada para pria, "kata pria yang tersenyum ini.
Tidak hanya kepada karyawannya saja Samino memberikan ilmunya. Ia kerap diminta untuk memberikan pelatihan membuat mie ayam dari beberapa paguyuban UKM kuliner yang ingin belajar membuat mie ayam. Dengan senang hati Samino memberikan resep dan cara membuat mie ayam yang enak dan disukai oleh konsumen.


Regenerasi

Pada usia ini, Samino dan istrinya menginginkan bisnis mie ayam yang dipelopori beberapa dekade lalu untuk terus berjalan lebih banyak lagi. Sosok pidato Samino membujuk anak pertamanya, Rosse Samara untuk melanjutkan tongkat bisnis Samino Chicken Noodle. Dan pada 2019, kepemimpinan bisnis akan diserahkan langsung ke Rosse untuk mengelola pabrik mie dan semua gerobak yang saat ini dimiliki. Tentu saja Samino berharap putranya akan dapat membawa bisnis Mie Ayam Samino menjadi lebih sukses.

"Perkembangan zaman menuntut banyak inovasi dan perubahan dalam bisnis mie ayam, oleh karena itu saya berharap anak saya dapat membawa bisnis ini lebih dari ribuan tahun sesuai dengan perkembangan saat ini," lanjutnya.

Menanggapi tanggung jawab yang akan dilaksanakan mulai tahun depan, Rosse mengaku sudah menyiapkan rencana untuk mengembangkan bisnis orang tuanya. Rosse ingin Samino Chicken Noodle menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia, oleh karena itu bukan tidak mungkin Samino Chicken Noodle memiliki outlet besar seperti Warunk Upnormal atau Bakmi Gajah Mada.

"Bersama dengan Bogasari, saya saat ini mencoba melihat peluang untuk memperluas bisnis mie ayam ke lebih banyak konsumen milenial sehingga produk orang tua saya dapat dinikmati tidak hanya di komunitas Ciledug dan sekitarnya, tetapi di daerah lain juga tahu Samino Chicken Mie, "ibu satu anak ini.

Dia melihat regenerasi sebagai hal yang sangat penting untuk menopang bisnis keluarga, bahkan dalam budaya orang-orang timur sangat pandai membantu orang tua, menghargai apa yang telah dirintis sejauh ini dan terus menjadi lebih baik. Rosse menjelaskan bahwa selama bertahun-tahun orang tuanya telah menyediakan pekerjaan dan penghasilan bagi banyak karyawan dan keluarga mereka, serta dari pelanggan dan pemasok bahan baku, ini tidak boleh berhenti dan harus dilanjutkan karena menyangkut kehidupan banyak orang.

Untuk berkonsentrasi penuh pada kelanjutan bisnis orang tuanya, Rosse berpidato memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya selama ini sebagai agen. Dia tidak takut kariernya yang nyaman akan berhenti karena dia fokus mengelola bisnis mi ayam.

"Menjadi seorang penerus bisnis bukanlah hal yang mudah. ​​Dibutuhkan lebih banyak upaya untuk memperjuangkannya. Untuk itu saya kiasan memutuskan untuk berkorban untuk meninggalkan pekerjaan saya sejauh ini untuk mencapai tujuan itu," kata wanita kelahiran Jakarta, 25 September ini. , 1981.

Sosok wicara Rosse sangat mencontoh orang tuanya yang telah berhasil mengembangkan bisnis mie ayam hingga saat ini. Baginya tekad bulat, keyakinan yang kuat, hubungan keluarga yang sangat dekat, dan semangat berbagi ia akan terus berjalan untuk terus mengubah Mie Ayam Samino di masa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Berwarna-Warni, Ini Tips-tips Berpakaian Saat Umrah dari Dian Pelangi

Blusukan Amirul Hajj di Tanah Suci

Haji, ziarah Islam ke Mekkah, dijelaskan untuk non-Muslim